BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Muatan seni budaya sebagaimana
yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu
mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.
Dalam pagelaran seni dan budaya, Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, pagelaran seni dan budaya di kota Garut yang di selenggarakan oleh SMK IT Miftahul Huda, dalam hal ini dapat dijadikan stimulan pada diri masyrakat khususnya untuk menambah wawasan, dan pengetahuan tentang seni yang berbasis budaya yang ada di daerah kami.
Dalam pagelaran seni dan budaya, Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, pagelaran seni dan budaya di kota Garut yang di selenggarakan oleh SMK IT Miftahul Huda, dalam hal ini dapat dijadikan stimulan pada diri masyrakat khususnya untuk menambah wawasan, dan pengetahuan tentang seni yang berbasis budaya yang ada di daerah kami.
Seni Budaya dan Keterampilan
diadakan karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan
perkembangan terhadap masyarakat yang terletak pada pemberian pengalaman
estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi sehingga
menumbuhkan generasi bangsa yang berprestasi yang akan menjadi tujuan utamanya
dan melalui pendekatan “belajar melalui
seni” dan “belajar tentang seni yang berbudaya.” Ini merupakan hal yang langka
dan ini adalah suatu pola fikir kader anak bangsa yang kreatif dan cukup
menarik untuk diberi suport berupa do`a, dukungan baik segi materiel maupun
moriel demi kelancaran kami.
Seni Budaya memiliki sifat
multilinguna, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna
pengembangan, menumbuhkan,serta meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri
secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak,
peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan
beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis,
evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis
unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung
makna pendidikan seni menumbuh kembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi
terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara.
Hal ini merupakan wujud
pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab
serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pertunjukan Seni Budaya dan
Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi pada diri manusia yang
harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan
yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual
spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan
adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan
kecerdasan emosional.
Untuk Proposal Kesenian SMK Download file Doc silahkan download di SINI
Dalam pendidikan seni budaya,
aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam
pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi. Semua
ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik
berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.
B.
Landasan
a. Pancasila, UUD Negara Republik
Indonesiac.
b. Kurikulum SMK IT Miftahul Huda
C.
Tujuan dan Target
Secara umum tujuan “Pengadaan
fasilitas Seni Budaya di SMK IT Miftahul Huda adalah:
1.
Sebagai
wadah peningkatan Jiwa Seni Budaya di generasi bangsa.
2.
Menggembangkan
Jiwa Kesenian dan Budaya pada masyarakat khususnya.
3.
Meningkatkan
bakat dan minat pada jiwa manusia untuk menyukai seni dan budaya agar
kelestarian seni dan budaya masyarakat di Garut khususnya tidak punah.
4.
Meningkatkan
Jiwa akan sadar dalam hal kesenian dan budaya itu penting untuk di tanam dalam
jiwa manusia.
5.
Dengan
pertunjukan seni dan budaya di SMK IT Miftahul Huda ini dapat menumbuhkan
hubungan Silaturrahmi antar sesama umat, golongan, serta meningkatkan jiwa
social yang tinggi.
Sedangkan target yang ingin kami
capai dalam hal ini adalah:
1.
Meningkatkan
Jiwa kreatif pada masyarakat Garut dalam hal Kesenian
2.
Mengembangkan
Jiwa kesenian dan Budaya pada masyarakat Garut
3.
Menumbuhkan
daya kreatif, inofatif, kompetitif pada jiwa manusia
4.
Meningkatkan
dan melestarikan seni budaya yang ada di Garut
5.
Dapat
menghubungkan keharmonisan serta tukar pengalaman dalam kesenian yang telah di
pentaskan.
BAB II PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat
dengan harapan semoga dapat menjadi bahan pertimbangan. Besar harapan kami atas
apresiasi, partisipasi, dan tanggapan yang positif pula dari berbagai pihak
demi kesuksesan maksud kami tersebut. Semoga dengan keberadaan kegiatan ini
dapat memberi motivasi serta manfaat bagi masyarakat Garut khususnya dan lebih
lebih bagi bangsa ini dan dapat menjadikan wawasan dan menjadikan amal ibadah karena
telah ikut mencerdaskan anak bangsa.
Untuk Proposal Kesenian SMK Download file Doc silahkan download di SINI
Untuk Proposal Kesenian SMK Download file Doc silahkan download di SINI