Proposal Kesenian SMK Download file Doc

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Muatan seni budaya sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.

Dalam pagelaran seni dan budaya, Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.  Karena itu, pagelaran seni dan budaya di kota Garut  yang di selenggarakan oleh SMK IT Miftahul Huda, dalam hal ini dapat dijadikan stimulan pada diri masyrakat khususnya untuk menambah wawasan, dan pengetahuan tentang seni yang berbasis budaya yang ada di daerah kami.

Seni Budaya dan Keterampilan diadakan karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan terhadap masyarakat yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi sehingga menumbuhkan generasi bangsa yang berprestasi yang akan menjadi tujuan utamanya dan melalui pendekatan  “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni yang berbudaya.” Ini merupakan hal yang langka dan ini adalah suatu pola fikir kader anak bangsa yang kreatif dan cukup menarik untuk diberi suport berupa do`a, dukungan baik segi materiel maupun moriel demi kelancaran kami.

Seni Budaya memiliki sifat multilinguna, multidimensional, dan multikultural.  Multilingual bermakna pengembangan, menumbuhkan,serta meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya.  Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan  kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuh kembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara.  


Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pertunjukan  Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi pada diri manusia yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan  yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal,  interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional. 
Dalam pendidikan seni budaya, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi.  Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.

B. Landasan

a. Pancasila, UUD Negara Republik Indonesiac.   
b. Kurikulum SMK IT Miftahul Huda

C. Tujuan dan Target 

Secara umum tujuan “Pengadaan fasilitas Seni Budaya di SMK IT Miftahul Huda adalah:
1.      Sebagai wadah peningkatan Jiwa Seni Budaya di generasi bangsa.
2.      Menggembangkan Jiwa Kesenian dan Budaya pada masyarakat khususnya.
3.      Meningkatkan bakat dan minat pada jiwa manusia untuk menyukai seni dan budaya agar kelestarian seni dan budaya masyarakat di Garut khususnya tidak punah.
4.      Meningkatkan Jiwa akan sadar dalam hal kesenian dan budaya itu penting untuk di tanam dalam jiwa manusia.
5.      Dengan pertunjukan seni dan budaya di SMK IT Miftahul Huda ini dapat menumbuhkan hubungan Silaturrahmi antar sesama umat, golongan, serta meningkatkan jiwa social yang tinggi.
Sedangkan target yang ingin kami capai dalam hal ini adalah:
1.      Meningkatkan Jiwa kreatif pada masyarakat Garut dalam hal Kesenian
2.      Mengembangkan Jiwa kesenian dan Budaya pada masyarakat Garut
3.      Menumbuhkan daya kreatif, inofatif, kompetitif pada jiwa manusia
4.      Meningkatkan dan melestarikan seni budaya yang ada di Garut
5.      Dapat menghubungkan keharmonisan serta tukar pengalaman dalam kesenian yang telah di pentaskan.

BAB II PENUTUP

Demikian proposal yang kami buat dengan harapan semoga dapat menjadi bahan pertimbangan. Besar harapan kami atas apresiasi, partisipasi, dan tanggapan yang positif pula dari berbagai pihak demi kesuksesan maksud kami tersebut. Semoga dengan keberadaan kegiatan ini dapat memberi motivasi serta manfaat bagi masyarakat Garut khususnya dan lebih lebih bagi bangsa ini dan dapat menjadikan wawasan dan menjadikan amal ibadah karena telah ikut mencerdaskan anak bangsa.

Untuk Proposal Kesenian SMK Download file Doc silahkan download di SINI